OLKIM Unesa 2021

Halo warga jurusan kimia……

Ditengah pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia bahkan hampir di seluruh dunia, tidak lantas menyurutkan semangat mahasiswa kimia yang tergabung dalam HMJ Kimia Unesa periode 2021 untuk menyelenggarakan kegiatan OLKIM Unesa 2021. Walaupun sempat ragu karena COVID-19 di Indonesia, HMJ Kimia Unesa tetap memutuskan untuk menyelenggarakan OLKIM Unesa 2021 secara hybrid, tentunya dengan berbagai persiapan yang telah matang. Dengan mengusung tema “Enhance Your Intelligence and Show the Ability to be a Great Chemist with OLKIM Unesa 2021” acara ini telah diikuti oleh 1172 peserta yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Penyelenggaraan yang dilaksanakan secara hybrid dengan menerapkan sistem babak penyisihan dilaksanakan pada tanggal 12 September dilanjutkan semifinal pada tanggal 26 September secara online melalui platfrom Zoom kemudian final dilaksanakan pada tanggal 10 oktober secara offline di Gedung D1 FMIPA Unesa, OLKIM Unesa 2021 ini terdapat peserta dari berbagai daerah dari luar Jawa. Dalam hal ini terbukti persebaran peserta yang meluas dapat menjadi bukti bahwa pandemi bukanlah penghalang untuk mengikuti suatu kegiatan atau bahkan mengadakan kegiatan.

Penyisihan OLKIM Unesa

Pada babak penyisihan, dibantu oleh sistem website untuk pengerjaan soal babak penyisihan dan babak semifinal diharapkan memudahkan peserta dalam mengikuti kegiatan ini, dengan pengawasan ujian oleh panitia pengawas melalui platform Zoom. Bahkan pada tahap final yang terdiri dari berbagai babak, acara ini tetap dilaksanakan dengan menyesuaikan keadaan ditengah pandemi tanpa mengurangi kualitas dari acara ini dalam menemukan juara-juara hebat dalam bidang kimia.

Babak Final

Keterkaitan kegiatan yang diadakan saat pandemi ini, panitia harus memulai persiapan yang berbagai macam, seperti konsep acara, publikasi, hingga proses penilaian yang cukup berbeda ditahun-tahun sebelumnya sehingga membuat panitia mempersiapkan acara ini dari awal hingga akhir dalam waktu yang cukup singkat.

Pengumuman Pemenang

Dari serangkaian acara OLKIM Unesa 2021 yang dimulai dari pembukaan acara, bersama bapak Dekan FMIPA, ketua pelaksana OLKIM Unesa 2021, serta Ketua HMJ Kimia Unesa 2021 dapat berjalan dengan baik. Peserta yang lolos ke tahap final melewati berbagai babak, salah satunya ialah babak praktikum yang dilaksanakan secara serentak oleh para finalis. Acara berlangsung dengan tegang namun kompetitif serta dihiasi beberapa games yang mana didampingi oleh juri dari dosen Jurusan Kimia. Tentunya dukungan dari seluruh pihak kepanitian, bapak ibu dewan juri OLKIM Unesa 2021, serta pihak universitas dan sponsorship telah menjadikan acara OLKIM Unesa 2021 ini dapat terselenggara dengan baik walau tengah mencoba sistem hybrid dengan tanggung jawab atas kesehatan pada yang hadir dalam kegiatan ini. Besar harapan kedepan semoga OLKIM Unesa terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Home
News
Contact Us
Search