AKSI PEMBERIAN HEMOGLOBIN HMJ KIMIA UNESA

Dalam upaya mewujudkan rasa kepedulian dan solidaritas antar sesama serta untuk membantu PMI dalam memenuhi stok kebutuhan darah, maka Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kimia FMIPA Unesa menyelanggarakan rangkaian kegiatan seminar online atau webinar dan donor darah. Kegiatan tersebut dikemas dalam program kerja “Aksi Pemberian Hemoglobin” atau “Aspirin” oleh Departemen Sosial dan Lingkungan HMJ Kimia FMIPA Unesa.            

Ditahun 2021 kegiatan dari program kerja “Aksi Pemberian Hemoglobin” atau “Aspirin” dilaksanakan secara online dan offline. Berbeda dengan tahun 2020, Aspirin tahun ini memiliki inovasi dengan diselenggarakannya webinar sebagai upaya membangkitkan kesadaran tentang manfaat dan pentingnya donor darah di tengah Pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Kegiatan Aspirin 2021 yang bertema “Become a Hero with Blood Donation” diharapkan dapat memberikan fasilitas kepada para mahasiswa maupun masyarakat umum untuk dapat membantu sesama dalam menyediakan stok darah di PMI yang kian menipis selama pandemi

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Webinar Aspirin pada hari Jum’at, 01 Oktober 2021 secara online melalui Zoom Meeting dengan pembicara yaitu Ibu Triksi Hendrianingrum, Amd Kes. selaku Humas UDD PMI Kota Surabaya dari pukul 08.30 – 10.15 WIB. Materi yang disampaikan meliputi pentingnya donor darah, manfaat, tata cara dan syarat donor darah serta tak lupa dilengkapi dengan sesi tanya jawab dengan peserta webinar. Selain itu setelah acara webinar juga terdapat kuis berhadiah, dimana pemenang kuis akan dipilih 2 orang tercepat dengan poin tertinggi. Pertanyaan kuis meliputi materi yang telah disampaikan oleh pembicara. Pemenang diumumkan pada sore harinya yaitu pukul 15.00 WIB dengan masing-masing mendapat hadiah berupa e-money sebesar Rp 15.000,00 yang dimenangkan oleh Lilik Farkhiyah dan Desilva Zahra. Selain doorprize berupa e-money, dalam acara Webinar Aspirin semua peserta juga akan mendapatkan e-sertificate.


Pada hari berikutnya, Sabtu, 02 Oktober 2021 kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Donor Darah yang bertempat di UTD PMI Kota Surabaya Jl. Embong Ploso No.7-15. Donor Darah ini dilaksanakan dengan dua sesi waktu yang dapat dipilih oleh peserta, sesi pertama pukul 08.00 – 10.00 WIB dan sesi dua pukul 10.00 – 12.00 WIB. Acara dilaksanakan di lantai 1 gedung UTD PMI Surabaya. Dalam acara ini peserta diberikan konsumsi berupa roti dan air putih, souvenir, dan e-sertificate sebagai bentuk rasa terimakasih atas partisipasi peserta dalam program kerja ini. Acara diawali dengan registrasi peserta kemudian melakukan screening awal yang dibantu oleh pihak PMI untuk menentukan lolos tidaknya peserta agar kemudian bisa melakukan proses pendonoran darah. Acara berakhir pukul 12.00 WIB yang diakhiri dengan pemberian vendel oleh ketua pelaksana dan sertifikat untuk pembicara webinar oleh ketua HMJ Kimia FMIPA Unesa sebagai tanda bukti kerjasama antara PMI dengan HMJ Kimia FMIPA Unesa dalam bentuk acara Aksi Pemberian Hemoglobin “Aspirin”.