Bersinergi dan Berkontribusi bersama untuk Jurusan Kimia FMIPA Unesa yang lebih baik melalui Sarasehan II 2021

Haloo warga Jurusan Kimia…

Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Unesa telah melaksanakan salah satu program kerja yaitu Sarasehan II 2021 pada hari Sabtu, 25 September 2021 secara virtual melalui Zoom Meeting. Acara yang mengusung tema “Suarakan Aspirasi, Wujudkan Sinergi, Mari Berkontribusi untuk Jurusan Kimia FMIPA Unesa yang Lebih Baik” ini, dilaksanakan secara virtual karena adanya pandemi COVID-19 yang belum usai yang mengharuskan untuk meminimalisir kerumunan serta melakukan kegiatan dari rumah. Acara Sarasehan II 2021 dimulai pukul 13.09 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB yang telah dihadiri oleh 40 mahasiswa sebagai perwakilan kelas dari angkatan 2018 hingga angkatan 2021, 1 mahasiswa sebagai perwakilan dari DPM FMIPA Unesa, 37 mahasiswa sebagai pihak panitia, dan 5 dosen dari Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Untuk mengetahui aspirasi dari mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Unesa angkatan 2018-2021, panitia telah membuat angket kegiatan Sarasehan II 2021 yang disosialisasikan kepada angkatan 2018-2021 sebelum pelaksanaan kegiatan. Sarasehan II 2021 dimulai dengan persiapan panitia kemudian dilanjut ke susunan acara pertama yaitu  pembukaan,  sambutan oleh ketua pelaksana dan dilanjutkan dengan sambutan ketua Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Kemudian para dosen-dosen Jurusan Kimia memberikan tanggapan mengenai progres Sarasehan I 2021 dan juga menanggapi hasil dari angket Sarasehan II 2021, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana peserta yang hadir dipersilahkan untuk mengutarakan pertanyaan, kritik atau saran mengenai kebijakan-kebijakan Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Kemudian dosen yang bersangkutan akan memberikan tanggapan mengenai hal tersebut. Antusias para peserta dalam sesi tanya jawab dapat dilihat dari keaktifan diskusi tersebut dan adanya komunikasi 2 arah antara peserta dan pihak dosen. Adapun pertanyaan yang diajukan mahasiswa dan juga jawaban dari para dosen adalah sebagai berikut:

  1. Tanggapan mengenai skema 6-0-2 yang diterapkan di FMIPA.

Para dosen menanggapi hal ini dengan memberikan jawaban bahwa maksudnya adalah 6 semester berada di kampus, 0 tidak mengadakan pertukaran prodi di dalam kampus, dan 2 semester di luar kampus (KKN/PLP/PKL).

  1. Tanggapan mengenai perkuliahan tatap muka untuk mata kuliah selain praktikum.

Para dosen menanggapi hal ini dengan memberikan jawaban bahwa hal ini nantinya dikembalikan lagi kepada ketersediaan mahasiswa. Perlu diketahui bahwa tidak semua mahasiswa setuju diadakannya perkuliahan secara offline. Jadi pihak Jurusan Kimia akan mengambil keputusan secara bertahap mengenai hal ini.

  1. Tanggapan mengenai fungsi dosen mata kuliah KKN asisten mengajar di KRS.

Para dosen menanggapi bahwa untuk pertanyaan ini belum bisa mereka pastikan karena karena dari divisi KKN belum ada sosialisasi.

Setelah sesi tanya jawab, acara akan dilanjutkan dengan penutupan dan diakhiri dengan doa penutup. Meskipun Sarasehan II 2021 dilaksanakan secara virtual, acara ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan selesai tepat waktu.