Belajar Menjadi Public Speaker yang Baik Bersama SEMAKING 2021

Seminar Public Speaking (Semaking) merupakan salah satu agenda baru dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya yang bertujuan untuk menambah wawasan dan kecakapan peserta dalam public speaking. Semaking kali ini dihadiri oleh 154 peserta dari berbagai instansi yang mayoritas merupakan mahasiswa dari Universitas Negeri Surabaya.

Seminar Public Speaking (SEMAKING) 2021 memiliki tema ‘Build Your Confidence, Explore Your Speaking Skill, and Be a Great Public Speaker’ dan diadakan pada hari Sabtu, 18 September 2021. Semaking diadakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting yang dimulai pada pukul 08.15 WIB dan berakhir pada pukul 10.30 WIB. Kepanitiaan Semaking kali ini diketuai oleh Disfanya Nichelen Ramadhani dengan Master of Ceremony Nur Lailatul Fitriyah Abidin dan Moderator Laura Alden Litha Miranda Irawan. Acara dimulai dari pembacaan tata tertib, pembukaan, dan rangkaian acara selanjutnya hingga penyampaian materi serta sesi tanya jawab.

Pemateri pada acara ini adalah Rahmalia Wulan Azizah yang merupakan salah satu mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya yang memiliki banyak prestasi, diantaranya Runner Up 2 Putri Pendidikan Jatim 2019 dan Runner Up 1 Putra-Putri Unesa 2021.

Materi yang disampaikan mengandung banyak tips and tricks dalam menjadi public speaker yang baik dan memberikan banyak motivasi yang menjadikan peserta lebih percaya diri untuk berbicara di depan umum. Dalam presentasinya, Rahmalia juga menyampaikan bagaimana manfaat dan pentingnya kemampuan dalam public speaking serta menjadi public speaker. Rahmalia juga mengajak peserta untuk mempraktikkan langsung materi yang telah disampaikan dengan mengajak peserta untuk berinteraksi dimana salah satunya adalah mencoba untuk memerkenalkan diri di depan publik. Peserta sangat antusias dalam interaksi tersebut dan mampu mengimplementasikan materi yang telah disampaikan oleh pemateri.

Dalam pelaksanaan acara ini, panitia tidak mengalami kendala apapun sehingga acara ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar dari proses persiapan hingga akhir pelaksanaan acara. Dan dari kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dan lebih percaya diri dalam melakukan public speaking serta mampu menjadi public speaker yang baik dalam berbagai waktu, tempat, dan kondisi.