Tingkatkan Kompetensi Literasi dalam Pembelajaran Melalui Diklat Pembelajaran 2021

Diklat Pembelajaran 2021 Se-Jawa Timur Terbuka merupakan salah satu program kerja yang diadakan pada setiap periode oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia (HMJ Kimia) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. Pada kesempatan ini, HMJ Kimia FMIPA Unesa menyelenggarakan kegiatan Diklat Pembelajaran 2021 secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan Diklat Pembelajaran 2021 diikuti oleh 184 peserta yang terdiri dari guru SD, SMP, SMA, dan Mahasiswa di seluruh Indonesia. Hal ini berkat kinerja seluruh panitia selama persiapan hingga pelaksanaan acara dalam menyukseskan kegiatan ini dimana dilakukan publikasi yang sangat gencar melalui media sosial dan mendatangi sekolah-sekolah secara langsung dengan protokol kesehatan yang ketat.


Pada tahun ini Diklat Pembelajaran mengangkat tema “Strategi Peningkatan Kompetensi Literasi dalam Pembelajaran Guna Mempersiapkan Program Asesmen Nasional yang Mengakomodasi Keterampilan Abad 21”. Kegiatan ini merupakan serangkaian proses peningkatan keterampilan, kompetensi, dan pengetahuan pendidik ataupun calon pendidik dengan metode terpadu yang disesuaikan dengan kebutuhan agar dapat menjalankan tugasnya secara profesional yang dilandasi dengan kepribadian etika yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan. Rangkaian kegiatan Diklat pembelajaran dimulai dari pendaftaran tanggal 4 Juni – 28 Agustus 2021, pelaksanaan acara pada tanggal 29 Agustus 2021, penugasan pada tanggal 30 Agustus – 5 September 2021, dan proses review pada tanggal 6 – 12 September 2021.

Adapun keynote speaker pada acara Diklat Pembelajaran 2021 adalah Ibu Dr. Rahmawati, S.T., M.Ed. dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud, serta reviewer pada acara ini adalah Bapak Dr. Muchlis, S.Pd., M.Pd. (Dosen Kimia FMIPA Unesa) dan Bapak Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc. (Dosen IPA FMIPA Unesa). Pelaksanaan acara dimulai pukul 07.30 WIB pada 29 Agustus 2021 menggunakan platform Zoom Meeting dan disiarkan secara live melalui Streaming Youtube. Kegiatan diawali dengan pembacaan tata tertib Diklat Pembelajaran 2021 oleh MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat. Selanjutnya penyampaian sambutan dari ketua pelaksana Diklat Pembelajaran 2021 dan Ketua Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Memasuki acara inti yaitu penyampaian materi oleh Ibu Dr. Rahmawati, S.T., M.Ed. mengenai Asesmen untuk mendorong mutu pembelajaran.


Beliau menyampaikan bahwa Asesmen sebagai serangkaian penilaian untuk memahami upaya dan hasil belajar peserta didik dalam menguasai suatu kompetensi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, Asesmen diharapkan mendorong perubahan perilaku belajar mengajar, mendesain, dan memprogram pembelajaran. Ada beberapa konsep pada tujuan Asesmen Pembelajaran yang beliau sampaikan diantaranya, asesmen terhadap proses belajar, asesmen untuk belajar, dan asesmen sebagai proses belajar.


Materi yang disampaikan cukup dalam dan menarik sehingga membuat peserta berefleksi dengan adanya diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Setelah dilakukan sesi materi dan tanya jawab, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan dimana peserta dibagi menjadi tiga breakout room zoom sesuai kelompok yang sudah dibagi oleh panitia. Pada tahap pelatihan ini setiap breakout room dipandu oleh keynote speaker dan reviewer. Setelah kegiatan pelatihan berakhir, peserta kembali ke main room zoom dan mempresentasikan hasil diskusi pada setiap kelompok dan di-review oleh reviewer. Setelah berakhirnya tahap ini, panitia mengumumkan penugasan kepada para peserta. Pada kegiatan Diklat Pembelajaran 2021 semua kegiatan didokumentasikan dengan baik. Pada acara ini juga ada penyampaian beberapa informasi dari panitia seperti, Olkim Unesa, produk kosmetik Inez, dan produk kosmetik KECE Unesa. Kegiatan ini berakhir pada pukul 12.00 WIB dan ditutup dengan doa.