LKTIN Kimia Unesa 2020: Peran Generasi Milenial dalam Mengembangakan Ilmu Kimia

Halo warga jurusan kimia……

Pada hari Sabtu,03 Oktober 2020 telah diadakan salah satu program kerja dari Departemen Penalaran Ilmiah HMJ Kimia Unesa 2020 yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2020 yang diadakan secara online menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting. Diadakan secara online karena efek pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap Orang untuk melakukan kegiatan dirumah dan menghindari adanya pertemuan berkelompok secara langsung. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai pukul 12.00 WIB. Dengan mengusung tema yakni “Peran Generasi Milenial dalam Mengembangakan Ilmu Kimia pada Era Society 5.0”. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa dari instansi lain dikarenakan tingkat Nasional. Dengan total peserta yang mendaftar sebanyak 59 tim. yang Panitia Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Unesa periode 2020,dan dosen Jurusan Kimia FMIPA Unesa, Kegiatan dimulai dengan persiapan panitia, kemudian Pembukaan, sambutan oleh ketua pelaksana dan ketua Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana Mahasiswa- mahasiswa yang sudah lolos dalam tahapapn fullpaper sebelumnya akan melakukan presentasi mengenai karya tulis ilmiah yang dilombakan. Kemudian dosen yang bersangkutan memberikan pertanyaan maupun tanggapan tentang karya yang dipresentasikan peserta lolos tahap lanjut tersebut. Dan yang terakhir yaitu penutupan dan doa.Walaupun dilaksanakan secara online acara dirasa cukup berjalan lancar dan sesuai dengan susunan acara, meskipun didalamnya terdapat beberapa kendala koneksi yang kurang lancar. Dengan penyampiaan informasi update dalam Program Kerja HMJ Kimia Unesa 2020 departemen Penalaran Ilmiah ini melalui instagram @lktinkimiaunesa, serta pendokumentasian yang dilakukan presentasi peserta lolos tahap lebih lanjut pada lomba tersebut diupload di akun channel youtube “hmjkimiaunesa” peserta mudah untuk mengikuti sesuai prosedur setiap tahapan LKTIN 2020 ini. Berikut adalah karya-karya lomba yang memenangkan dari juara 1, 2 , dan 3 serat juara best presentation :

  1. Juara 1

Diraih oleh mahasiswa Universitas Negri Surabaya yang diketuai oleh Prima Rahman, serta anggotanya Khoirunnisa’ dan Iqbal Ainur Rizki. Yang mengangkat judul “ALPA (Anti Dirt Pollutant Paint) : Analisis Potensi Penambahan Katalis Urea dan Dispersan Etilen Glikol pada Cat Foto Ktalis Titanium Dioksida (TiO2) sebagai Optimasi Cat Anti-Polusi dan Anti Debu”.

  1. Juara 2

Diraih oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta diketuai oleh Anissa Fitria serta rekannya yaitu Arini Miftaqul Jannah dan Hanif Zaidan Achya dengan mengangkat judul karya “Pemanfaatan Ekstrak Belimbing Wuluh (Avverhoa Bilimbi) Sebagai Bioreduktor dalam Sintesis Nanopartikel Perak secara Green Chemistry”.

  1. Juara 3

Diraih oleh mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang diketuai oleh Fandi Azzam Wiranata serta rekannya yaitu Amieruddin Rizqi Ghazali dengan mengangkat judul “Filtrasi Polutan Industri melalui Alat Ganesha Air Pure System (GAPS) dengan Uji Statistik One Way Anova dan Pared Sample T-Test”.

  1. Juara Best Presentation

Diaraih oleh mahasiswau Universitas Negeri Surabaya yang diketuai oleh Prima Rahman, serta anggotanya Khoirunnisa’ dan Iqbal Ainur Rizki. Yang mengangkat judul “ALPA (Anti Dirt Pollutant Paint) : Analisis Potensi Penambahan Katalis Urea dan Dispersan Etilen Glikol pada Cat Foto Ktalis Titanium Dioksida (TiO2) sebagai Optimasi Cat Anti-Polusi dan Anti Debu” dengan penilaian yang sudah ada dalam kriterianya dinayatkan sebagai juara best presentation.

Dalam Kegiatan ini, dengan prosedur mengadakan LKTIN tingkat nasional dengan tahapan seorang peserta adalah Pendaftaran dan Mnegumpulkan abstrak kemudian Penyeleksian abstrak, selanjutnya, Pengumuman kelolosan peserta pada seleksi abstrak lalu Regritasi Ulang dalam sebuah karya. Tim Nilai akan menyeleksi Karya tulis yang sudah disetorkan oleh peserta sebelumnya. Kemudian pengumuman lolos karya tulis Dimohon setelah itu peserta yang lolos akan mengumpulkan video dalam mempresentasikan lomba karya tulisnya yang akan diseleksi oleh tim nilai LKTIN dna yang terakhir presentasi dengan dosen mengenai karya tulis ilmiah ayng dilombakan.

Karena pada lomba karya tulis ini mengangkat sub tema, sebagi berikut :

  1. Sains & Teknologi
  2. Energi
  3. Sosial & Ekonomi
  4. Kesehatan
  5. Industri & Pangan
  6. Pendidikan

Dalam kegiatan ini dengan total hadiah Rp. 4.500.000 + Piala + Sertifikat tingkat nasional. Yang mana hadiah tersebut via transfer dan via bapak kurir dalam packaging yang didapat oleh pemenang.

Tinggalkan komentar

Home
News
Contact Us
Search