KAJIAN RUTIN AGAMA ISLAM ONLINE 2020

Assalamualaikum warga jurusan kimia……

Pada Kegiatan HMJ Kimia Unesa Periode 2020 telah diadakan salah satu program kerja dari Departemen Agama HMJ Kimia Unesa 2020 yaitu, Kajian Rutin Agama Islam. Yang diadakan secara online menggunakan aplikasi WhatsApp Group untuk melakukan focus group discussion (FGD). Diadakan secara online karena efek pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang untuk melakukan kegiatan dirumah dan menghindari adanya interaksi perorangan secara langsung. Acara ini diadakan sebanyak 10 kali pertemuan dalam satu keperiodean, dilaksanakan pertama pada hari Kamis, 30 April 2020 dan terakhir hari Jumat, 25 Desember 2020. Dengan mengusung tema yang berbeda-beda dalam setiap pertemuannya. Kegiatan ini menjadikan sangat menarik dalam mengenai pembahasan kajian yang dilakukan rutin oleh warga jurusan kimia teruntuk mahasiswa/i muslim. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa Jurusan Kimia mulai dari angkatan 2018 hingga pada angkatan 2020, panitia Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Unesa periode 2020, dan pemateri yang sangat menarik dan siap untuk berbagi ilmu. Kegiatan dimulai dengan menyebarkan pamphlet dan peserta melakukan regristasi untuk ditindak lanjuti join WhatsApp Group, kemudian pembukaan seperti biasa oleh pembawa acara, dan melakukan share link youtube berisi tausiyah atau kajian dari pemateri dengan isi sesuai tema.  Selanjutnya, adanya sesi tanya jawab dimana mahasiswa dipersilahkan mengutarakan pertanyaan atau pernyataan mereka mengenai suatu materi yang bersangkutan yang dibawakan oleh pemateri. Kemudian pemateri memberikan tanggapan. Dan yang terakhir yaitu penutupan dan doa. Walaupun dilaksanakan secara online acara dirasa cukup berjalan lancar dan sesuai dengan susunan acara, meskipun didalamnya terdapat beberapa kendala waktu overload atau tidak ontime. Berikut daftar kegiatan Kajian Rutin Agama Islam 2020 ini:

 

 

  • Harum Ramadhan Menguatkan Jiwa

Awal pertemuan dalam balutan bulan penuh berkah, bersama Ust. M. Khusnul Maab membahas tentang istimewanya bulan Ramadhan yang dilaksanakan pada Hari Kamis, 30 April 2020 akses yang mudah dengan check on youtube HMJ Kimia Unesa https://youtu.be/UTtCQ79o7IU bisa dinikmati tausiyahnya.

 

  • Pemuda Itu Berperan Bukan Baperan

Mahasiswa merupakan agent of change, jadi harus mempunyai pondasi sebagai pemuda dalam menjalani kehidupan bersama Ust. Mch. Anas Al Mubarok CHT mendalami tips dan strategi agar menjadi pemuda yang berperan atau mendalami tips dan strategi agar menjadi pemuda yang berperan atau bermanfaat bagi orang lain, bisa diakses melalui https://youtu.be/hyTvMEYnTO4 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Juli 2020 melalui whatsApp group.

 

  • Mahasiswa Millenial: aktif, kreatif dan agamis

Menjadi Mahasiswa yang aktif, kreatif dan agamis adalah impian banyak mahasiswa. Oleh, karena itu bersama Ust. Mohammad Zahid Rabbani pada hari Rabu, 07 Oktober 2020 membahas mengenai tips dan strateginya. Dengan akses yang mudah mendengarkan tausiyahnya yuk mampir di https://youtu.be/YPpL7UoaTyQ  .

 

  • Adab Bersosial Media

Dengan majunya zaman era millenial seperti ini tidak dapat dijauhakan dari sosial media, menjadi seorang muslim sangatlah selektif dan menghindari hal-hal yang terdpata mudharatnya. Maka, dari itu bersama Ust. Nurhadi membahas bagaiaman sih, contoh adab yang baik dalam bersosial media dengan mampir kesini https://youtu.be/j0OEJmF6Lv0 kamu dapat mengetahuinya.

 

  • Hijrah Itu Mudah, Istiqomah?

Isitiqomah itu susah, yang gampang itu istirahat. Kalau tidak ada niat yang kuat mungkin saja hijrahmu tidak akan tergoyah, karna hijrah itu mudah yang susah istiqomah. Namun kamu bias. Yuk bersama Ust. Muhammad Ishaq Muzzaki dapatkan ilmunya dengan menonton https://youtu.be/_OlVol4Rco4 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Oktober 2020.

 

  • Istighosah Bersama Menjelang UTS

Mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah cara batiniyah dalam berharap agar dilancarkan kemudahan Ujian Tengah Semester, maka dari itu HMJ Kimia FMIPA Unesa menggelar isitighosah lingkup jurusan live youtube https://youtu.be/qvW0hySlWX0 dipandu dnegan anggota departemen agama HMJ Kimia FMIPA Unesa 2020.

 

  • Siapa Idolamu Sobat?

Mengenai idola, masing-masing individu mempunyai criteria masing-masing dalam mnegidolakan seseorang. Bersama Ust. Muhaimin pada hari Jumat, 13 November 2020 mengenal lebih jauh tentang bagaimana yang patut dijadikan idola mengakses https://youtu.be/UZRuKuJw680 kamu dapat menikmatinya.

 

  • OOTD Yang Allah Suka

OOTD singkatan dari Outfit of The Day dalam islam mengenal batasan-batasan untuk menghindari aurat yang terlihat. Pada pertemuan kali ini dikhususkan mahasiswi jurusan kimia Bersama Ustdz. Rana Rafidha Salsabila bisa dilihat pada channel youtube HMJ Kimia FMIPA Unesa https://youtu.be/VS1Zhnxrnmo hari Rabu 25 November 2020.

 

  • Tata Cara Beribadah Sesuai Tuntunan Nabi

Dalam beribadah perlu adanya dasaran ilmu diharapkan beribadah kita semua diterima oleh Allah SWT, maka dari itu Nabi adalah seseorang yang sangat patut dan harus menjadi panutan, dengan ilmu yang diberikan kepada Ustdz. Rana Rafidha Salsabila pada hari Jumat, 11 Desember 2020. Beliau berbagi bagaimana tata cara beribadah sesuai tuntunan nabi https://youtu.be/k6fT5dWMNO0 bisa dilihat berikut penjelasan dari beliau.

 

  • Istighosah Bersama Menjelang UAS

Mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah cara batiniyah dalam berharap agar dilancarkan dan diberi kemudahan Ujian Akhir Semester yan mengahsilkan ilmu yang manfaat dan pberkah, maka dari itu HMJ Kimia FMIPA Unesa menggelar isitighosah lingkup jurusan live youtube https://youtu.be/F_UWglGlMf8 dipandu dnegan anggota departemen agama HMJ Kimia FMIPA Unesa 2020.

Tinggalkan komentar