Loading

wait a moment

PEMSO (Pembahasan Soal) II 2018

Pekan Ujian Akhir Semester 2 akan segera dihadapi oleh mahasiswa unesa khususnya bagi Jurusan Kimia. Dalam rangka membantu pemantapan materi pada semester ganjil, Maka HMJ Kimia Unesa kembali mengadakan program kerja Pembahasan Soal II bagi mahasiswa prodi Pendidikan Kimia maupun Kimia angkatan 2017 dan 2018. Kegiatan ini disajikan dengan soal-soal UAS semester ganjil pada tahun sebelumnya yang telah dibahas oleh tentor tentor yang berasal dari mahasiswa Kimia untuk membuat pemahaman mahasiswa menjadi mudah. Diantara mata kuliah yang dibahas dalam kegiatan ini antara lain.
Pada kelas Pendidikan Kimia 2017 dilakukan pembahasan soal untuk mata kuliah Kimia Analitik II, Kimia Fisika I dan Kimia Organik I. Adapun tambahan soal yang diberikan namun tidak dibahas didalam ruangan berupa materi Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD), Organisasi Laboratorium, Telaah Kurikulum Sekolah dan Assesmen. Kelas Kimia 2017 mendapat Kimia Fisika II, Kimia Anorganik I, Kimia Organik I, dan Kimia Analitik II. Adapun tambahan soal yang diberikan namun tidak dibahas didalam ruangan berupa materi Filsafat IPA, Kepustakaan Kimia, Organisasi Laboratorium, dan Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD). Pada kelas Pendidikan Kimia 2018 mendapatkan materi Kimia Dasar I, Matematika Dasar, Fisika Umum dan Biologi Umum. Adapun tambahan soal yang diberikan namun tidak dibahas didalam ruangan berupa Dasar-dasar pendidikan, Pendidikan Pancasila, dan Bahasa Indonesia. Kelas Kimia 2018 mendapatkan materi mata kuliah yang sama dengan kelas Pendidikan Kimia 2018 namun tidak mendapatkan tambahan soal Dasar- Dasar Pendidikan.
Antusiasme mahasiswa jurusan Kimia dalam mengikuti Pembahasa Soal II cukup tinggi, hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta sebanyak 76 peserta dari Pendidikan Kimia 2017, 52 peserta dari Kimia 2017, 92 peserta dari Pendidikan Kimia 2018, 61 peserta dari Kimia 2018, dan 54 panitia Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Periode 2018. Bahkan mereka juga merasa terbantu sekali dalam mempersiapkan UAS, hal ini tentu tidak lepas dari dukungan segala pihak, baik tentor yang memberikan penjelasan dengan baik saat membahas soal, serta panitia yang saling bekerjasama melaksanakan program kerja ini. Harapannya semoga program kerja PEMSO ini dapat terus ditingkatkan & terus memberi manfaat bagi sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *