Loading

wait a moment

FORKOMKIS (FORUM KOMUNIKASI MAHASISWA KIMIA SURABAYA) 2018

(FORUM KOMUNIKASI MAHASISWA KIMIA SURABAYA 2018)
Menjalin Komunikasi untuk Mempererat Silahturami
Forkomkis adalah acara rutinan yang dilakukan beberapa tahun kebelakangan ini. Forkomkis ialah forum komunikasi mahasiswa kimia Surabaya. Forkomkis diikuti oleh tiga perguruan tinggi yaitu Unesa, Unair, dan ITS. Forkomkis 2018ini dilaksanakan di Unesa tepatnya di Auditorium Prof. Dr. Slamet Dajono FMIPA pada tanggal 13 Oktober 2018 yang dihadiri oleh 100 lebih mahasiswa. Acara Forkomkis diawali dengan pembukaan dilaksanakan demgan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan diberikan sambutan oleh Ketua Pelaksana Forkomkis 2018 yakni Finna Ashfia dari Unesa. Selanjutnya, Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia Unesa, ITS, dan Unair memperkenalkan Himpunan beserta Program Kerja yang dinaunginya.
Forkomkissebagai wadah untuk sharing antar Himpunan Mahasiswa Kimia Surabaya, menjalin silahturami dan mempererat hubungan Himpunan Mahasiswa Kimia Unesa, Unair, dan ITS. Setelahperkenalan HMK (Himpunan Mahasiswa Kimia), dilakukan pembagian sesuai dengan Departemen yang dinaungi sebut saja clustering.Kegiatan Clusteringini lebih memfokuskan para pengurus Himpunan Mahasiswa Kimia Unesa, Unair, dan ITS untuk sharing dan bertukar pendapat. Clustering untuk Forkomkis 2018 membagi menjadi 7 kelompok besar dengan jumlah 25 departemen dari 3 Himpunan Mahasiswa Kimia Unesa, Unair, dan ITS. Salah satu tukar pendapat mengenai program kerja salah tentang bagaimana program kerja disetiap HMK dapat berjalan dengan baik , kendala yang dialami atau referensi untuk program kerja baru di setiap departemen.Sehingga kedepannya Himpunan dapat menyesuaikan kondisi berdasarkan referensi yang telah didapat.
Forkomkis berjalan dengan lancar dan diakhiri oleh notulensi yang dihasilkan mengenai Bapewil IV. Setiap tahun dilakukan Musyawarah IKAHIMKI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia) disetiap wilayahnya. Surabaya memasuki Wilayah IV pada IKAHIMKI bersama dengan Bali dan Nusa Tenggara. Setelah sekian lama tidak menjadi tuan rumah dalam acara tersebut. Ketiga HMK ini menginginkan untuk acara BAPEWIL IV dilaksanakan kembali di Surabaya. Hasil notulensi juga menyebutkan bahwa acara Forkomkis 2019 dilaksanakan di ITS sebagai tuan rumah dan melibatkan ketiga Universitas dalam mempersiapkan acara Forkomkis 2019.
Akhir dari notulensi adalah foto bersama seluruh mahasiswa yang hadir dan penyerahan vendel dari Ketua Himpunan Kimia Unesa terhadap Ketua Himpunan Kimia Unair, dan ITS sebagai bentuk terimakasih terhadap terlibatnya di acara Forkomkis. Finna Ashfia sebagai Ketua Pelaksana Forkomkis tahun ini menyampaikan harapannya “semoga acara forkomkis ini tetap bisa diagendakan setiap tahunnya dan menghasilkan output yang bermanfaat juga bagi masyarakat pada umumnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *