Loading

wait a moment

OLIMPIADE KIMIA UNESA 2018

Tak terasa usai sudah pelaksanaan Olimpiade Kimia Unesa 2018 pada Minggu, 7 Oktober 2018 lalu. Berbagai cerita, baik suka dan duka seakan homogen dalam sebuah larutan yang menghasilkan kesetimbangan bermakna bagi lingkungan sekitar. Untuk pertama kalinya,Olimpiade Kimia Unesa 2018meningkatkan jangkauannya dari Se-Jawa Bali menjadi Se-Indonesia pada tahun ini. Tersebar dalam 15 Rayon yang diikuti oleh 1304 tim menjadi warna tersendiri dalampenyelenggaraan OLKIM UNESA 2018, daribabak Penyisihan tanggal 16 September 2018 hingga Semifinal & Final pada 7 Oktober 2018.
Diantara kisah menarik yang dapat terekam dari OlkimUnesa2018 kali ini datang dari Pemenang Juara 1 yang berasal dari SMAN 3 Malang. Jika pepatah berkata bahwa “Waktu adalah Emas” telah terbukti pada sang juara ini. Saat ditanya “Apa Motivasi mengikuti Olimpiade Kimia Unesa 2018 ini ?” Dia menjawab dengan lugas “Hanya untuk mengisi waktu luang” Sempat saya bertanya kembali, “Yakin hanya mengisi waktu luang saja”, Kembali dia menjawab “Iya, sambil caripengalaman”. Sebelum itu, bahkan tim mereka berhasil meraih Juara 3 di Olimpiade Kimia yang diadakan di Universitas Negeri Jember pada bulan September. Sungguh, terkadang sebagian orang termotivasi karena hadiah, namun dia memiliki motivasi sederhana dan berhasil terwujudkan dalam harapan yang mulia.
Kembali saya bertanya “Persiapannya seperti apa sih sehingga bisa jadi juara beruntun gini ?” Yusuf berkata kalau sebenarnya dia sedikit waktu belajar karena kesibukan di Kelas 12, namun karena terbiasa maka jadilahmudah. Disisi lain Adistri menjawab bahwa dia belajar terus untuk persiapan Olkim Unesa2018 ini. Rahasia lain dari mereka dikarenakan terbiasa dalammengerjakan soal OSN dan tidak adanya peserta OSN lain yang berhasil lolos ke babak Final iniUjar Yusuf. Debat terkadang juga terjadi pada babak final akibat keraguan dalam menjawab, namun Yusuf tetap optimis terhadap jawaban yang didapatkannya.
Dengan segala usaha yang telah dilakukan, mereka berhak untuk mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 3.500.000,00 + Piala Bergilir Kemendikbud + Piala Juara 1 + Golden Tiket masuk Jurusan Kimia Unesa tanpa tes. Ketika ditanya “Rencana hadiah ini nanti buat apa?” Yusuf menjawab “Nanti pasti dibagi dua dulu…hehe, terus sisanya aku tabung buat keperluan kuliah nanti jika masih bisa”. Sedangkan Adistri berkata bahwa ia ingin gunakan uangnya untuk ikut olimpiade-olimpiade lainnya.
Jawaban ini menarik perhatian saya untuk bertanya kemana rencana mereka kuliah nanti. Teknik Kimia – Institut Teknologi Bandung dan Teknik Nuklir – Universitas Gajah Mada menjadi jawaban pasti Yusuf untuk menentukan studi berikutnya, namun Adistri belum menentukan pilihan pastinya, kecuali terbesit niatan untuk mengambil Jurusan Manajemen. Apapun pilihan mereka, dukungan dari segala pihak baik dari guru maupun orang tua terpancar jelas menjadi kunci keberhasilan mereka. Hal ini terlihat dari respon mereka yang secara lengsung memberi kabar keberhasilan mereka pada guru yang mendampinginya dan orang tua melalui chat via WhatsApp.
Itulah sepenggal cerita singkat yang terbekas dalam Olimpiade Kimia Unesa 2018. Selain Yusuf dan Adistri, berikut beberapa nama juara yang berhasil meraih prestasinya dalam Olkim Unesa 2018 :
Juara 1 :
SMA NEGERI 3 MALANG
(Yusuf Nizar Aris Syadzali & Adristri Marsalma Nectarine Amaranthi)

Juara 2 :
SMA NEGERI 2 NGANJUK
(Nur Anisa Rosyiidah & Nisrina Luthfiyah)

Juara 3 :
SMA NEGERI 1 DENPASAR
(Putu Pradnya Sanyiwani & Edwin Chandra)

Harapan 1 :
SMA NEGERI 8 BANDUNG
(Rhaichan Aqwal Fauzi & Angelica Kurnia Herjandi)

Harapan 2 :
SMA KRISTEN 1 PETRA
(Steven William & Gloria Fangie)

Sebagai penutup acara Olkim Unesa 2018, Gala Dinner Pemerintah Kota Surabaya menjadi apresiasi kami atas suksesnya penyelenggaraan Olimpiade Kimia Unesatahun ini. Beragam pertunjukkan, seperti tari dan musik dipadukan dengan jamuan makan malam di Gedung Balai Kota Surabaya seakan telah menyapu letih panitia bersama 5 tim finalis. Tentu semua kesuksesan ini tidak akan terwujud tanpa dukungan berbagai pihak, baik dari seluruh panitia, dosen pembimbing, media partner serta sponsorship yang dengan sukarela membantu penyelenggaraan Olkim Unesa 2018 dari awal hingga akhir. Tentu, acara ini telah berakhir, namun ini akhir yang menciptakan awal baru. Awal yang penuh semangat, penuh arti, dan tiada henti mengukir prestasi. Salam hangat, sampai jumpa di OLIMPIADE KIMIA UNESA 2019. COMING SOON !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *