Loading

wait a moment

Sarasehan 1 2018

Pada hari Senin, 14 Mei 2018 telah diadakan salah satu program kerja dari Departemen Advokasi dan HAM HMJ Kimia Unesa 2018 yaitu, SARASEHAN 1. Bertempat di Gedung C5.01.08 acara ini dimulai pukul 15.30 WIB dan selesai pukul 17.20 WIB. Acara ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Kimia, Sekretaris Jurusan Kimia, Ketua Prodi Pendidikan Kimia, Ketua Prodi Kimia, Ketua Laboratorium Kimia, Bapak dan Ibu dosen Pembina dan beberapa dosen lain serta mahasiswa jurusan Kimia mulai angkatan 2014 sampai 2017.
Acara ini bertemakan a�?Mewujudkan Jurusan Kimia yang Majua�?. Tujuan diadakannya SARASEHAN 1 ini adalah untuk menyalurkan aspirasi dari masyarakat Kimia FMIPA Unesa yang sangat dibutuhkan untuk Jurusan Kimia FMIPA Unesa agar lebih baik. Acara SARASEHAN 1 ini dibuka dan diawali sambutan dari Julian Sagus Bramasta selaku Ketua Pelaksana, kemudian dilanjutkan oleh Bapak Suyatno selaku Ketua Jurusan Kimia. Dan acara intinya yaitu sesi tanya jawab dari mahasiswa. Satu per satu aspirasi mahasiswa kimia Unesa disampaikan dan mendapatkan jawaban dari pihak birokrasi jurusan sehingga menghasilkan beberapa keputusan hasil SARASEHAN 1 sebagai berikut:
1. Petugas yg membuka pintu jutusan kimia diserahkan ke mas anto, karena tidak ada petugas yang lain. Dan kebanyakan petugasnya adalah wanita, dari jurusan sudah mengarapkan setengah 7 sudah dibuka namun karena mas anto punya anak kecil mungkin beliau datangnya agak terlambat, namun sudah ada backup mas yudi sehingga pintu barat biasanya terbuka dan pintu timur belum. Karena imbalan yang kecil dan tidak ada anggaran sehingga tidak bisa ditekankan.
2. Untuk biaya tidak diatur jurusan berapa tarif. Namun ada kesepakatan dari semua petugas yang ada di FMIPA, jika ada keberatan bisa menyampaikan di Pak Djoko di Fakultas. Jurusan telah menyampaiakan dan barangkali belum ada respon.
3. Waktu buka ruang baca jam 9, sering terlambat dikarenakan petugas dari ruang baca masih ada kuliah dan bulan april baru wisuda. Harapanya setelah bulan april waktu buka ruang baca teratur.
4. Denda 1000 per hari per buku. Denda berguna untuk buku itu teratur administrasinya. kelanjutannya akan didiskusikan dengan ruang baca.
5. Masalah yang diperoleh justru dari dosen, jadwal matakuliah memang sudah sama se-Unesa, karena dosen yang mengajar dijurusan kimia tidak hanya dari jurusan kimia, yang menyamakan jadwal mata kuliah se-Unesa adalah WR 1.
6. Kebutuhan peralatan kimia sudah disesuaikan untuk kebutuhan praktikum dan penelitian dan harapannya sudah tercukupi namun terkadang lab biasanya juga digunakan untuk penelitian dan kegiatan simulasi seperti microteaching yang membutuhkan alat-alat kimia. Jurusan sendiri sudah menyediakan tabung reaksi tiap tahun minimal 250 buah. Untuk selanjutnya jurusan akan mengecek kembali.
7. Sebenarnya itu area fakultas dan sudah disampaikan sejak tahun lalu, model wastafel sendiri kalau memperbaiki sama dengan membongkar semua, jurusan sendiri juga sudah berusaha menangani dan mendata, dan rencananya 2018 terealisasi.
8. Di jurusan kimia sudah banyak kegiatan akademis dan non akademis, semuannya sudah ada penanggung jawabnya. Jurusan telah berupaya melakukan sosialisasi namun dari pihak mahasiswa tidak ada respon. Jurusan akan senang jika mahasiswa berpartisipasi mengikuti kegiatan, jika mahasiswa tidak ada yang ikut otomatis jurusan akan menunjuk langsung.
SESI TANYA JAWAB
1. Dua ruang kelas yang akan dijadikan menjadi laboratorium itu digunakan untuk apa? Apakah mendukung untuk penelitian di jurusan kimia? dan sebagai PJ kelas kedepannya akan sulit untuk mencari ruang pengganti kelas, bagaimana solusinya?
Tanggapan:
MIPA punya unit yaitu lab ipa terpadu tepatnya di jurusan IPA, menyediakan instrumen untuk analisis, yang dapat digunakan mahasiswa FMIPA maupun yang lain dan dibawah fakultas. Lab ipa terpadu dipindahkan di kimia dengan alasan jurusan kimia terdapat nama lab ipa terpadu, akibatnya jurusan kimia kehilangan 2 ruang kuliah, kedepannya C6.04.01 kedepannya akan dijadwalkan sebagi ruang perkuliahan yng terjadwal resmi, juga harapanya di gedung baru ada satu ruang untuk pengganti.
2. Apakah bisa di ruang baca sistem kehadiran di online kan?
Tanggapan:
Nanti dapat dicoba dilihat bagaimana mekanismenya dan juga keuntungan dan kekurangannya. Untuk jurusan yang terpenting adalah koleksinya sehingga anggaran dana ditujukan kepada koleksi bukunya. Untuk pengadaan sendiri masih mahal untuk jurusan kecuali ada dana hibah.
3. Ada kelas yang dibuat penelitian, dan kelas tersebut merasa keberatan, tanggapan sarahsehan kemarin alasanya untuk meningkatkan jurusan, apakah tidak ada cara lain karena mahasiswa sendiri merasa keberatan?
Tanggapan:
Beberapa dosen kita menempuh S3, dan untuk alasan pengambilan data. Beberapa kebanyakan penelitiannya adalah organik, namun kedepannya akan dikurangi yang bagian organik. Dosen matakuliah selain mengajar juga sekolah sehingga kalau melakukan penelitian di universitas lain nanti siapa yang megajar. Hal itu sama dengan mahasiswa yang melakukan penelitian di sekolah.
Dengan diadakannya SARASEHAN 1 HMJ KIMIA Unesa 2018 diharapkan Jurusan Kimia FMIPA Unesa dapat menjadi Jurusan yang lebih baik dari sebelumnya dan terciptanya hubungan harmonis antara pihak birokrasi jurusan dengan mahasiswa kimia dan dengan pengurus HMJ Kimia. Selain itu, diharapkan pula bagi HMJ Kimia Unesa 2018 agar senantiasa menjadi fasilitator untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa kimia terhadap pihak birokrasi jurusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *